Dimohon untuk menyertakan link jika menggandakan artikel yang ada pada blog ini. Terima kasih!

Saturday 17 March 2012

Keajaiban angka (6): Perhitungan usia.


Illustrasi:
Ada berbagai cara untuk mempromosikan diri bagi para kandidat ketua kelas. Tidak terkecuali yang terjadi di sekolah "SMA BANGKRUT MAKMUR" Kelas VIII. Sang kandidat V, membuat selebaran pengumuman disetiap sudut kelas. Selebaran itu berbunyi, "Saya tidak memaksa kalian untuk memilih saya sebagai ketua kelas. Saya hanya ingin kalian menunjukkan ekspresi kalian dengan cara:
"kalikan usia kalian dengan angka 4, lalu jumlahkan usia dengan hasil perkalian kalian setelah itu bagilah dengan usia kalian. Dan dari hasil perhitungan itulah angka pilihan untuk mewujudkan ekspresi kalian! Semangat pagi!"

1. Usia saya 26
2. 26x4=104
3. 104+26=130
4. 130/26=... 5

1. Usia temen saya 17
2. 17x4=68
3. 68+17=85
4. 85/17=...5

kenapa hasil akhirnya selalu pada 5?
rumus: axb= c, c+a= d, d/a= e.
Rahasianya terletak pada perkalian itu; Hasil akhir akan selalu selisih lebih satu dari yang dikalikan. Jika yang dikalikan 3, contohnya, maka hasil akhirnya 4. dst...

No comments:

Post a Comment