Dimohon untuk menyertakan link jika menggandakan artikel yang ada pada blog ini. Terima kasih!

Tuesday 28 February 2012

Memaknai perjalanan alam bawah sadar


Alam bawah sadar anda mengandung pemikiran dan perasaan-perasaan sejati. Berikut beberapa cara mengungkap rahasianya.

Sebelum Memulai
Temukanlah kursi yang nyaman di dalam ruangan tenang. Usahakan anda sudah menyiapkan pensil/pena dan kertas ditangan untuk mencatat respon anda. Baca setiap deskripsi dan visualisasikan situasi atau obyeknya. Lalu tuliskan apa yang anda lihat dan perasaan apa yang timbul. Makin banyak detail yang anda catat, makin banyak yang bisa anda ungkap perasaan dan keinginan ter dalam anda. Fokuskan pikiran dan biarkan akal budi anda terus berjalan...

01. Anda akan berpakaian untuk menempuh perjalanan ini. Anda ingin memakai warna yang sesuai dengan kepribadian anda. Warna apa yang anda pilih?

02. Kini, perjalanan akan dimulai. Bayangkan anda sedang berjalan dijalan raya. Apa yang anda rasakan pada telapak kaki anda? putuskan apakah jalan itu lebar atau sempit, berkelok-kelok atau lurus. Bagaimana perasaan anda saat berjalan disitu?

03. Anda melihat sebuah kunci tergeletak di tepi jalan. Mungkin anda tidak menggubrisnya. Tapi mungkin juga anda berhenti dan mengamatinya, tapi memutuskan jalan terus. Atau mungkin anda pungut kunci itu. Sesudah anda amati dari dekat, apakah anda menyimpan atau membuangnya? Jika anda putuskan untuk membawanya, bagaimana cara anda membawanya?

04. Anda melewati sebuah aliran air. Bayangkan persisi seperti gambaran berikut: Itu adalah sebuah sungai yang mengalir, Laut yang berombak atau tenang, atau danau yang tenang dan airnya jernih? apakah anda menyelam kedalamnya, menyeberanginya, memasukkan kaki anda kedalam atau hanya duduk ditepinya menikmati pemandangan?

05. Bagaimana perasaan anda jika melihat air?

06. Anda berbaring di tepi perairan itu dan tidur singkat. Sambil anda tidur, anda bermimpi berubah menjadi hewan. Menjadi hewan apakah dalam mimpi itu?

07. Anda merasa segar sesudah istirahat dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki sampai mencapai sebuah hutan luas. Untuk melanjutkan perjalanan anda, anda harus menyeberangi hutan itu tampaknya ada jalan setapak yang lurus dan langsung menuju ke tengah hutan. Tapi juga ada banyak jalan berliku-liku. Jalan mana yang anda pilih?

08. Disisi lain dari hutan itu terdapat sebuah jalan dengan pintu pagar tertutup. Apakah anda bisa melewati pintu pagar itu dengan mudah? atau anda menemukan cara lain untuk melewatinya?

09. Anda sampai ke sebuah rumah dan memutuskan untuk masuk kedalam rumah ntuk melihat-lihat. Setelah memasuki pintu depan, anda masuk kedalam sebuah ruangan, seperti apa ruangan itu? apakah anda merasa seperti berada dirumah dan rileks disana?

10. Sebuah pintu membagi ruang tempat anda berada dari ruang lainnya. Bayangkan apa yang terdapat disisi lain dari pintu itu. Saat anda mencoba membuka pintu tersebut, apa yang terjadi? apakah terbuka dengan mudah tanpa anda perlu mengeluarkan banyak tenaga, atau pintunya kaku, berat dan tak mungkin dibuka?

11. Ruang berikutnya, anda memasuki sebuah ruang yang berbentuk dan berukuran yang tidak biasa. Saat masuk kedalam, anda menyadari, ruang itu dicat warna putih bersih. Sampai pegangan pintupun berwarna putih, anda benar-benar tak ingat masuk dari mana. Bagaimana perasaan anda?

12. Anda tinggalkan ruang putih itu dan pergi ke dapur  Di sini, anda menemukan secangkir kopi di kursi. Bayangkan seperti apa cangkir itu dan apa yang ada didalamnya? Apakah anda minum dari cangkir itu atau cangkir itu kosong?

13. Anda tinggalkan rumah itu dan terus berjalan di sepanjang jalan. Sebentar kemudian, anda tiba di sebuah lapangan rumput nan hijau indah. Saat berjalan-jalan di padang itu, anda bertemu dengan seekor banteng yang sedang mengamuk. Apa yang anda lakukan?

14. Anda berhasil menyelamatkan diri dari amukan banteng dan anda kini berada di jalan lagi. Tiba-tiba anda sampai pada jalan bercabang, apakah anda pilih jalan yang kanan atau yang kiri?

15. Akhirnya anda menemukan tempat yang anda tuju. Bayangkan apa yang anda temukan di akhir perjalanan itu.

Makna dari perjalanan alam bawah sadar anda

Khayalan anda sama tidak terbatasnya seperti alam semesta. Karena itu, jawaban anda tak akan tepat dengan formula yang bisa diramalkan. Untuk bisa memahami seluruh artinya, refleksi anda perlu di analisa secara pribadi. Setiap obyek dan tempat yang anda bayangkan mewakili sikap yang berbeda. Rasa takut dan cara pendekatan masalah-masalah penting dalam kehidupan. Baca apa yang anda tulis dan cocokkan dengan keterangan pada nomor-nomor berikut ini dan terjemahkan jawaban anda.

01. Warna yang anda pilih mengungkapkan cara anda memandang diri anda. Misalnya: jika anda memilih warna terang seperti merah, anda mungkin memikirkan diri anda sendiri, cemerlang dan bersemangat. Biru bisa berarti anda memandang diri anda tenang, dan damai. Kuning menyatakan kecerdasan.

02. Jalan tempat anda berada melambangkan kehidupan anda saat ini. Jalan berliku, jalan kotor yang terasa keras di kaki menunjukkan anda bingung dan belum mapan karena mengalami berbagai kesulitan. Jalan kecil yang halus dan beraspal berarti kehidupan yang mudah bagi anda.

03. Kunci melambangkan pengalaman baru dalam hal ini, kunci dijalan mewakili kebijaksanaan, pengetahuan dan apa yang anda lakukan dengannya? apakah anda memungutnya dan memasukkan-nya ke saku? berarti anda punya peluang untuk belajar, tapi anda menundanya sampai kemudian hari. Jika anda hanya memandangi kunci itu tapi tidak memungutnya, anda tertarik untuk belajar tapi tidak cukup commit untuk meraih peluang baru.

04. Air melambangkan alam bawah sadar. Jenis perairan yang anda bayangkan menunjukkan keadaan mental anda. Danau yang tenang dan hening berarti anda merasa damai dengan diri anda yang sekarang. Laut yang berombak dan ganas melambangkan anda sedang marah atau tidak bahagia.
Cara anda meres-pon pada air mengungkapkan apa yang anda lakukan dengan bantuan yang diberikan kepada anda. Jika anda memutuskan langsung menyelam kedalam perairan, anda anda mempunyai kemampuan untuk menerima dukungan. Tapi, jika anda hanya merasakan air dengan kaki anda, anda merasa tidak enak menerima bantuan.

05. Bagian ini berkaitan dengan seks, jika anda bilang airnya terasa dingin dan segar, itu artinya pertanda bagus. Tai jika airnya membuat anda merasa tak tenang dan takut, anda punya beberapa hambatan fisik yang membuat anda merasa tidak enak masuk ke kamar tidur.

06. Binatang dalam mimpi anda melambangkan bagaimana anda merasa penerimaan orang lain atas diri anda. Sebagai contoh, jika anda melihat koala, anda pikir, teman-teman anda menganggap anda hangat, setia dan peka terhadap kritik. Ikan hiu mungkin melambangkan anda cemas orang lain menganggap anda berbahaya dan tak bisa dipercaya.

07. Jalan menuju ke hutan, melambangkan perjalanan hidup anda. Apakah anda memilih jalan sempit yang luru? berarti anda tahu anda akan kemana dan tak ingin mengambil resiko. Tapi jika anda mengikuti jalan berkelok-kelok, anda tak punya arah. Jadi anda terbuka dengan perubahan dan kemungkinan-kemungkinan baru yang muncul.

08. Pintu pagar melambangkan peluang dan hambatan-hambatan dan bagaimana cara anda mengatasi keduanya. Jika anda melompati pintu pagar itu anda punya kecenderungan melewati dengan cepat pengalaman-pengalaman baru dan membiarkan masalah melewati anda. Jika anda berjalan melewati pintu pagar itu, anda mampu menghadapi kesulitan dan tantangan baru anda. Jika anda menemukan jalan disekitar pintu pagar, anda sering lari dari situasi yang menantang atau yang bisa mendatangkan masalah.

09. Sebuah rumah biasanya melambangkan keadaan jiwa dan pikiran seseorang. Ruang pertama melambangkan otak kiri yang mengendalikan logika dan pemikiran rasional. Jika anda merasa benar-benar nyaman di ruang itu. Anda merasa nyaman berfikir di ruang teratur dengan cara yang metodis. Jika tidak, anda cenderung dituntun oleh emosi anda.

10. Ruang disisi lain dari pintu yang tertutup melambangkan otak kanan, tempat asal kreativitas dan pengungkapan diri. Jika anda membayangkan ruang itu nyaris kosong, anda perlu lebih banyak berhubungan dengan diri kreatif anda. Pintu tertutup diantara kedua kamar merupakan hambatan ke belahan kanan otak. Jika anda kesulitan membukanya, anda mempunyai hambatan dengan emosi dan sifat artistik anda.

11. Ruang warna putih melambangkan kematian. Apakah anda merasa tenang dan rileks? berarti anda tidak takut mati. Namun perasaan resah dan fobia ruangan sempit mengungkapkan sikap yang penuh ketakutan.

12. Cangkir melambangkan keadaan emosi anda dan kapasitas anda untuk menerima cinta. Jika anda menemukan cangkir yang bersih dan menarik berisi minuman favorit anda, berarti anda menderita rasa sakit dari masa lalu atau rasa tidak aman dengan diri sendiri yang menghabiskan energi anda, Hubungan, dan semangat hidup anda.

13. Bagaimana cara anda bereaksi saat berhadapan dengan banteng? apakah anda langsung lari atau berdiri mematung sampai banteng itu pergi? ini mengungkap cara anda menghadapi serangan.

14. tak pernah mudah mengetahui jalan yang tepat. Tapi jalan bercabang melambangkan pilihan terakhir anda dan kemungkinan penyelesaian masalahnya. Jika anda menggunakan tangan kanan, jalan kekiri melambangkan pilihan yang dituntun intelektual dan jalan di kanan melambangkan prioritas emosional dan kreatif. Bagi yang terangan kidal, jalan mempunyai arti yang berlawanan.

15. Jalan melambangkan dimana tempat anda berada saat ini dan ujung jalan melambangkan tempat yang anda inginkan. Apapun yang anda temukan di akhir perjalanan menunjukkan keinginan anda akan masa depan aspirasi-aspirasinya. Jika anda tidak senang dengan hasilnya, lakukan usaha untuk meningkatkan tujuan anda. Tak pernah ada kata terlambat untuk mengubah jalan hidup anda. Begitu anda berhasil menentukan apa yang benar-benar anda cari dalam hidup ini, anda akan menjadi rumah atas nasib anda sendiri.

No comments:

Post a Comment